Pemerintah mengesahkan Undang‑Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan yang mulai berlaku pada 28 Oktober lalu. Salah satu ketentuannya melarang pelaksanaan cuti bersama mengurangi jatah cuti tahunan pekerja. Untuk tahun 2027, pemerintah menetapkan 18 hari libur nasional dan 8 hari cuti bersama.
Pasal 118 ayat (6) UU tersebut menyatakan, "Dalam hal perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh." Ayat (1) mewajibkan pemberi kerja memberikan waktu istirahat dan cuti, sementara ayat (5) menetapkan cuti tahunan minimal 12 hari kerja setelah pekerja bekerja terus‑menurut 12 bulan.
Jadwal cuti bersama 2027 mencakup tanggal-tanggal seperti 5 Februari (Tahun Baru Imlek), 9, 12, dan 15 Maret (Idul Fitri), 25 Maret (Wafat Yesus Kristus), 18 Mei (Idul Adha), 19 Mei (Hari Raya Waisak), serta 24 Desember (Kelahiran Yesus Kristus). Semua hari tersebut tidak boleh mengurangi hak cuti tahunan yang telah diatur.
Sumber: cnnindonesia.com




